Kamis, 16 Oktober 2008

KOTA METRO PERLU MENYIAPKAN JALAN LINGKAR

presented at: the 11th Inter-University Transportation Study Forum International Symposium, October 29-30th 2008

Kota Metro dalam konteks kewilayahan Propinsi Lampung merupakan wilayah yang terletak di antara Lampung Timur dan Lampung Tengah serta sebagai penghubung 2 jalur regional jaringan jalan di pulau Sumatera, yaitu Lintas Tengah Sumatera dan Lintas Pantai Timur Sumatera. Kondisi ini mengakibatkan potensi terjadinya lalu lintas menerus pada jaringan jalan di Kota Metro.
Dengan tingkat kesalahan analisa kurang dari 20 persen, diketahui bahwa 24,99 persen dari total pergerakan lalu lintas menerus tahun 2006 akan membebani jaringan jalan Kota Metro dan diprediksikan pada tahun 2014 jaringan jalan Kota metro akan mengalami kemaceten.
Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu dipertimbangkan pembangunan jalan lingkar di Kota Metro. Diharapkan dengan dibangunnya jalan lingkar ini lalu lintas menerus yang seharusnya tidak memiliki kepentingan terhadap Kota Metro dialihkan agar tidak lewat pada jaringan jalan di Kota Metro. Manfaat lain dari pembangunan jalan lingkar dalam konteks pengembangan wilayah adalah memacu pertumbuhan ekonomi di Kota Metro.

Tidak ada komentar: